Kondisi Bayi Setelah Lahir

Melahirkan adalah proses yang sangat menakjubkan. Mommies tentu setuju walaupun menyakitkan namun setelah melihat bayi terlahir dengan sehat rasa sakit itupun sirna. Selain itu, Moms juga tentunya ingin mengetahui apakah kondisi bayi dalam keadaan normal atau tidak. Berikut saya share kondisi normal bayi sesaat setelah dilahirkan.

1. Kulit Bayi

Bayi yang baru lahir kulitnya berlumur darah dan cairan amniotik, kadang-kadang juga terdapat vernix yaitu suatu benda berwarna putih yang strukturnya mirip keju yang melindungi kulit bayi ketika masih ada di dalam rahim. Kulit bayi yang baru lahir mungkin dilapisi bulu halus yang hitam, bernama lanugo, yang akan lenyap dalam 2 bulan kehidupan awalnya. Warna kulit bayi baru lahir mungkin mula-mula kelihatan biru tua, tetapi setelah bayi mulai bernafas akan berubah menjadi merah jambu sehat.

2. Pernapasan Bayi

Kebanyakan bayi menangis ketika dilahirkan, walaupun ada juga yang mulai bernafas perlahan-lahan. Kalau bayi tidak segera bernafas, petugas persalinan akan menggosok punggungnya atau mengurut telapak kakinya untuk merangsang pernafasan.

3. Kepala bayi

Bentuk kepala bayi yang baru lahir terkadang terlihat agak aneh dan lancip. Hal itu terjadi akibat dari proses melahirkan , kepala bayi keluar melalui saluran kelahiran yang sempit. Bentuk kepala sementara ini dimungkinkan karena bayi mempunyai lima tulang kepala yang disatukan oleh selaput liat. Pengaturan seperti ini fleksibel, memungkinkan kepala bisa berubah bentuk supaya lebih pas dengan pelvis ibunya. Jika tahap kedua upaya persalinan lebih lama, mungkin anda bisa memperhatikan adanya benjolan pada kepala bayi disebut caput, terbentuk ketika kepala bayi terdorong melalui leher rahim yang melebar. Benjolan ini akan hilang pada 48 jam kehidupannya pertama. Kepala bayi yang baru lahir akan kelihatan lebih besar kalau dibandingkan dengan tubuhnya. Pada kenyataannya, ukuran lingkar kepala biasanya sebesar dada ketika lahir. Pada puncak kepala ada titik bernama anterior fontanelle, tempat tepi keempat tulang bertemu tetapi tidak sampai rapat. Juga ada fontanelle yang lain di bagian belakang kepala, posterior fonatelle yang ukurannya jauh lebih kecil. Keduanya tertutup oleh selaput tebal yang sangat liat. Sementara bayi tumbuh makin besar, titik ini semakin kecil dan akhirnya lenyap. Posterior fontanelle menutup beberapa bulan sesudah setelah kelahiran, dan anterior fontanelle lenyap dalam waktu 18 bulan.

4. Rambut Bayi

Banyak bayi lahir dengan kepala yang sudah penuh dengan rambut. Rambut ini sering rontok selama beberap bulan pertama kehidupannya, untuk berganti tumbuh kembali kemudian.

5. Leher bayi

Leher bayi yang baru lahir bisa kelihatan begitu pendek dan tersembunyi.

6. Tali pusar

Tali pusar yang membawa darah dari dan ke plasenta menjadi tembus pandang dan tersasa seperti agar-agar setelah dipotong. Sementara potongan tali pusar mengering warnanya menjadi kuning dan akhirnya terlepas.

Pada saat kelahiran tangan dan kaki bayi berwarna lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya, tetapi dengan bertambahnya umur bagian ini akan berubah warna menjadi merah jambu. Mommies juga mungkin akan menemukan  adanya kerutan dan garis-garis sepanjang lipatan kulit baik di kulit Kaki dan lengan yang biasanya kulit itu terlipat akibat keadaan posisi tertekuk dalam rahim ibu. Keadaan tersebut akan tetap demikian selama beberapa bulan usia pertama bayi.

Sumber : Ketahuilah Kondisi Normal Bayi Sesaat Setelah Lahir http://bidanku.com/index.php?/ketahuilah-kondisi-normal-bayi-sesaat-setelah-lahir#ixzz2RvmvB02c
Follow us: @bidanku on Twitter | bidanku on Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s