Baby Zetro Suka Gumoh dan Muntah…

Pertama kali baby Zetro gumoh dan muntah rasanya sedikit panik. Apalagi kalau jumlah gumohnya banyak. Pernah suatu kali baby Zetro muntah dan susu yang dimuntahkan keluar melalui hidung. Langsung panik deh saat itu juga.. Untungnya di rumah saat itu ada kakak ipar yang sudah berpengalaman dengan baby jadi langsung konsultasi dadakan. Katanya kalau pas lagi gumoh atau muntah gitu bayi jangan langsung diangkat, badannya dimiringkan saja. Kalau langsung diangkat takutnya gumoh atau muntahnya masuk ke paru-paru.  Fiuh, untung saja badannya tadi langsung dimiringkan.

O iya, saya juga sempet konsultasi dengan DSA nya baby Zetro, menurut beliau gumoh dan muntah itu berbeda. kalau gumoh adalah cairan ASI(terkadang berwarna bening) yang keluar dari mulut bayi setelah disusui biasanya yang keluar hanya sekitar 10ml saja. Gumoh terjadi tanpa disertai kontraksi otot perut dan merupakan proses alami untuk mengeluarkan udara yang tertelan saat bayi minum ASI. Umumnya terjadi pada bayi yang baru berumur beberapa minggu sampai beberapa bulan, dan akan hilang dengan sendirinya sejalan dengan bertambahnya umur bayi.

Penyebab gumoh bermacam-macam, bisa karena bayi terlalu kenyang minum ASI,  banyak udara yang tertelan ketika mengisap ASI, menangis berlebihan, klep penutup lambung belum “matang” sehingga belum dapat menutup dengan sempurna, atau bayi gagal menelan karena otot penghubung mulut dan kerongkongannya belum “matang”. Itu sebabnya, gumoh sering dialami bayi-bayi prematur. Cara mengatasi gumoh adalah dengan menyendawakan bayi setiap kali selesai diberi ASI. Caranya angkat bayi dengan meletakan salah satu tangan diantara leher dan punggung bayi dan yang lainnya di bagian pantat pastikan dagu bayi menempel pada bahu ibu dengan posisi dagu agak lebih tinggi dari bahu agar bayi bisa bernafas, badan bayi usahakan tegak lurus, bisa dibantu dengan menepuk-nepuk lembut pundak bayi, tunggu sebentar hingga sekitar 3 menit maka bayipun akan bersendawa. Para Mommies bisa mendapat informasi yang lebih lengkap di website ini, hasil pencarian ku di Google🙂

bayi_sendawa2

Nah, kalau muntah seperti yang dialami baby Zetro kemarin jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari gumoh. Dikeluarkan dari perut bayi dengan kontraksi otot dinding perut. Kadang bisa keluar melalui lubang hidung apabila bayi minum dengan cepat dan batuk. Penyebab umum bayi muntah adalah kelainan pada sistem pencernaan bayi, misalnya kelainan pada katup pemisah lambung dan usus 12 jari. Tapi selama cairan muntah berwarna putih tidak kehijauan atau cokelat maka hal tersebut aman-aman saja. Apabila terjadi muntah disertai bercak darah atau berwarna cokelat atau hijau mungkin terjadi penyempitan pada pintu masuk lambung atau hambatan di usus,  terdapat infeksi atau luka, misalnya infeksi tenggorokan yang memicu muntah, atau bayi alergi susu sapi segeralah hubungi dokter apalagi selama muntah bayi mengalami demam hingga 39 derajat celcius.

Semoga bermanfaat ya Mommies🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s