Ancaman Bahaya Bagi Bumil di Dalam Rumah..

Tahukah Mommies?  banyak terdapat ancaman yang berasal dari dalam rumah. Tanpa kita sadari rumah dan lingkungan sekitarnya terdapat zat-zat kimia yang dapat mengancam kesehatan ibu dan janinnya. Bahkan dokter kandunganku selalu mengingatkan hal ini setiap pertemuan pemeriksaan.

Berbeda dengan masa lalu, di zaman modern ini semua kebutuhan rumah tangga terbantu dengan berbagai macam peralatan yang mungkin mengandung zat kimiawi berbahaya. Contohnya produk-produk pembersih rumah tangga yang sebagian besar mengandung desinfektan tinggi, khlorin, amonia dan bahan pembersih lainnya.  Zat-zat tersebut dapat mempengaruhi janin dan bahkan dapat menyebabkan kelahiran cacat pada bayi.  Selama kehamilan sangat dianjurkan bagi sang ibu untuk menghindari zat-zat kimia yang berbahaya, gunakanlah sarung tangan saat membersihkan rumah / toilet dan jangan terlalu lama menghirup bahan-bahan kimia tersebut.

Menurut Arlene Einsberg, seorang pengarang buku Kehamilan : Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan (versi Inggrisnya What to Expect When You’re Expecting), Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang ibu hamil saat membersihkan rumahnya:

  • Bila produk pembersih tersebut memiliki bau atau gas yang kuat jangan langsung menghirupnya dan pastikan digunakan di area terbuka. 
  • Gunakan produk yang menggunakan semprotan biasa (semprotan pompa) bukan semprotan aerosol yang menggunakan gas untk menyemprotkan bahan pembersihnya.
  • Jangan pernah (bahkan bila kita tidak sedang hamil) mencampurkan produk yang berbahan dasar khlorin dengan produk berbahan dasar amonia karena kedua produk tersebut dapat menimbulkan gas yang mematikan.
  • Hindari pemakaian bahan pembersih oven atau cairan pencuci yang terdapat label peringatan akan keracunan.
  • Gunakan sarung  tangan karet saat membersihkan rumah untuk menghindari penyerapan bahan kimia yang beracun masuk melalui kulit.

201209260905061Selain itu, Zat timbal yang terdapat pada air (air bisa tercemar timbal saat melewati pipa ledeng  yang tua atau yang baru di solder dengan timah), peralatan makanan dan cat perabotan rumah juga mempengaruhi perkembangan janin. Timbal dalam dosis besar dapat menyebabkan cacat pada janin dan keguguran. Pastikan air yang kita konsumsi terbebas dari Timbal. Selain timbal penggunaan insektisida pada obat serangga juga dapat menimbulkan efek negatif pada janin apabila terhirup oleh ibu dalam waktu jangka panjang. Berhati-hatilah pada obat semprot serangga, jangan terhirup langsung, lindungilah pakaian di lemari atau sprei dan sarung bantal agar tidak terpapar langsung zat kimia tersebut. Namun yang terpenting adalah biarkan rumah kita bernafas dengan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Semoga bermanfaat ya mommies……🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s