Mengapa Konsumsi Kafein Berlebih Berbahaya Bagi Bumil?

kopiBerdasarkan konsultasi dengan dokter pribadi dan hasil membaca literatur-literatur tentang kesehatan kehamilan, dikatakan bahwa mengkonsumsi kafein berlebih berbahaya bagi kehamilan. Padahal terkadang rasanya sulit menjalani hari tanpa minum kopi.  Menurut penelitian ilmiah terbaru, kafein (yang terdapat pada kopi, teh dan minuman berkarbonasi /soft drink) dan theobromin (pada cokelat) dapat menembus plasenta dan memasuki peredaran darah janin. Diduga bahwa kafein berlebih yang dikonsumsi ibu akan tertimbun pada pankreas janin dan akhirnya merusak sel-sel pembuat insulin sehingga bayi dapat terserang penyakit gula. Kafein juga dapat menghambat penyerapan zat besi yang dibutuhkan ibu dan janinnya. Oleh karena itu, konsumsi kafein melebihi dosis dapat berakibat buruk pada janin. Dosis yang disarankan sekitar 200 mg per hari atau sekitar 2 cangkir kopi atau minuman berkafein lainnya dalam periode 24 jam.

Alasan lainnya untuk menghindari atau mengurangi  konsumsi kafein secara berlebih adalah karena kafein memiliki efek diuretik (efek ingin buang air kecil terus) dan kafein juga dapat mengambil cairan dan kalsium dalam tubuh padahal cairan dan kalsium adalah hal yang penting bagi ibu dan janinnya.  Pada masa kehamilan rasa ingin buang air kecil akan bertambah parah apabila mengkonsumsi kafein berlebih, belum lagi konsumsi gula atau krim bersama kopi akan membuat sang ibu merasa cepat kenyang dan merusak nafsu makan padahal ibu hamil memerlukan asupan makanan dan gizi yang banyak. Minuman berkafein juga mengandung zat kimia yang dapat mengubah-ubah suasana hati, mengganggu jumlah istirahat yang memadai, menyebabkan denyut jantung yang tidak normal, pernapasan yang cepat dan tremor pada bayi.

Well, mommies yang hobi minum kopi lebih dari 2 cangkir sehari atau yang doyan minum minuman berkarbonasi atau soft drink secara berlebihan harus lebih mengkontrol diri. Lebih baik dikurangi atau bahkan dihentikan sementara pada masa kehamilan demi tumbuh kembang dan kesehatan janin  Walaupun sangat sulit menghilangkan kebiasaan minum minuman berkafein tetapi apabila kita bertekad dan memang bermotivasi kuat pasti tidak terlalu sulit menghilangkan kebiasaan tersebut. Sekian dulu sharingnya untuk kali ini ya mommies, semoga bermanfaat…🙂

sumber :

  • Esenberg, Arlene(1996), Kehamilan : apa yang anda hadapi bulan per bulan, Jakarta: Arcan
  • Dokter kandungan pribadi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s