Memandikan Bayi yang Baru Lahir

New mommy biasanya takut untuk memandikan sikecil yang baru lahir. Sama saya juga ngalamin kok, tapi berkat saran dan masukan dari teman akhirnya saya memberanikan diri untuk memandikan sendiri sikecil.  Dulu pada awalnya yang mandiin si kakak ipar hehehe.. maklum beliau sudah berpengalaman. Biasanya yang bikin takut itu adalah cara memegang sikecil, takutnya tangan licin kena sabun trus sikecil bisa tergelincir. Temenku menyarankan untuk menggukana jaring mandi. Jaring ini bisa dibeli di toko-toko perlengkapan bayi, harganya relatif murah sekitar Rp. 40.000,- hingga Rp. 50.000,- an.

jaring mandi 1

Jaring mandi ini amat sangat membantu sekali loh.. jadi ga perlu khawatir lagi bayi tergelincir dan kitapun jadi bisa konsen mandiin si bayi dengan tenang.

O iya, proses memandikan bayi itu mudah dan cepat kok. Bayi cukup dimandikan dua kali sehari. Usahakan jadwal mandi bayi dilakukan secara rutin agar bayi tidak rewel jika kegiatan mandinya terlewatkan. Setelah mandi balurkan minyak telon agar bayi merasa hangat. Pilihlah sabun atau shampo yang lembut khusus bayi yang tidak pedih di mata dan pH ballance.

Cara memandikan bayi:

1. Lakukanlah persiapan terlebih dahulu, seperti peralatan mandi, handuk, pakaian ganti, kosmetik bayi (bedak, hair lotion, lotion, baby oil, dll) dan air hangat bersuhu sekitar 35-37 C / terasa hangat disiku mommies. Suhu ruangan tempat memandikan juga dijaga, jangan terlalu dingin atau berangin untuk menjaga suhu tubuh bayi. Lepas baju bayi secara bertahap dan pelan.

2. Sebelum bayi masuk ke air, bersihkan dahulu wajahnya. Gunakan kapas yang dibasahi air untuk membersihkan kelopak mata (area mata) dari arah luar ke dalam. Bersihkan lubang hidung yang bisa terlihat dengan cotton bud yang dibasahi air, bersihkan pula lubang telinga dan bagian luar telinga bayi. Berhati-hatilah saat membersihkan lubang telinga bayi, jangan terlalu dalam cukup dibagian luarnya saja.

3. Setelah selesai baru basuh badan bayi dengan air, basuh kepala, wajah, leher, punggung, dada, lengan dan kaki. Sabuni dengan pelan dan perhatikan daerah lipatan-lipatan dibadannya. Bersihkan area kelamin bayi laki-laki dengan membersihkan kulupnya secara perlahan. Dorong lembut kulit penis ke pangkal penis lalu seka kotorannya dengan washlap. Untuk bayi perempuan, bersihkan alat kelaminnya dari arah depan ke belakang (dari kemaluan ke anus), demikian pula dengan daerah selangkangannya.

Image1028

4. Untuk tali pusar, setelah mandi harus selalu dikeringkan dan daerah disekelilingnya harus selalu dibersihkan untuk menghindari infeksi. Hindari menutup area pusar dengan popok.

5.  Selesai mandi gunakan bedak di daerah dada, punggung dan leher saja. Bedak menjaga kesegaran kulit bayi, menjaga kelembapan dan mencegah biang keringat. Jika kulit bayi cenderung kering gunakan lotion bayi untuk mencegah iritasi.

2 thoughts on “Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s