Kehamilan Bulan Kesembilan

Saat usia kehamilan sudah memasuki bulan sembilan, perasaan kembali bercampur aduk. Timbul rasa bahagia karena akan segera bertemu dengan buah hati namun timbul juga rasa cemas karena harus melewati proses persalinan. Banyak hal yang mungkin harus disiapkan mommies dibulan ini salah satunya adalaha kesiapan mental dan fisik. Usahakan untuk selalu bugar dan sehat.  Jalani yoga kehamilan untuk mengontrol emosi dan menenangkan pikiran agar terhindar strees berlebihan. O iya, pada bulan ini dokterku sharing hal-hal yang mungkin baru aku rasakan.

Secara Fisik

  • Kontraksi Braxton Hicks lebih sering dan terkadang disertai rasa nyeri.
  • Aktifitas janin lebih berkurang karena ruang gerak janin di dalam rahim semain sempit.
  • Bertambahnya sakit punggung dan perut semakin berat.
  • Timbul rasa tidak enak dan nyeri pada bagian pinggul dan pantat.
  • Lebih sering buang air kecil setelah janin posisinya turun.
  • Lebih sulit tidur.
  • Adanya bercak darah berwarna merah atau kecokelatan.

Secara Emosi

Mommies akan lebih bahagia dan merasa tidak sabar serta gelisah menyambut kehadiran buah hati. Keadaan pelupa masih berlanjut. Mommies juga akan merasa cepat tersinggung dan mudah marah.

Pada akhir bulan ini, dokter lebih sering melakukan pemeriksaan dan pantauan USG. Dokter juga akan banyak melakukan sesi tanya jawab dengan momies perihal apa saja yang dirasakan atau yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Sangat disarankan untuk terbuka dan menyampaikan apa saja yang dikira perlu disampaikan / ditanyakan bahkan hal sekecil apapun itu karena hal tersebut dapat membantu lancarnya proses persalinan besok.

usg16

Pada minggu-minggu mendatang persalinan dapat terjadi kapan saja, bahkan dapat lebih cepat dari HPL.  Sudah waktunya bunda mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa saat persalinan, suami yang SIAGA, mental dan fisik yang prima. Apabila pergerakan janin dirasa berkurang atau kurang dari 10 kali gerakan dalam waktu satu jam segeralah hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Janin pada bulan ini memang akan sulit bergerak karena ruang gerak yang semakin sempit dan cairan amnion yang berkurang oleh karena itu pemeriksaan rutin penting dilakukan untuk memastikan janin dalam keadaan sehat dan tidak mengalami masalah.

Apabila mommies mengalami pendarahan atau bercak darah setelah melakukan hubungan seks mungkin itu hanya karena leher rahim yang peka karena tertekan. Walaupun hal tersebut dapat dikatakan normal namun tetap harus dilaporkan ke dokter. Apabila pendarahan berwarna merah menyala dan keluarnya bercak secara terus-menerus disertai kontraksi, segeralah periksa ke dokter apabila dokter tidak dapat dihubungi segeralah pergi ke rumah sakit terdekat karena kemungkinan persalinan akan segera dimulai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s