Kehamilan Bulan Keenam

Pada kehamilan bulan keenam ini dokter akan kembali meminta momies untuk melakukan pemeriksaan darah (Hematologi Lengkap) untuk memastikan HB ibu normal, lalu pemeriksaan urine lengkap untuk mengetahui kadar warna, kejernihan, PH, glukosa, protein, keton, bilirubin, leukosit dll. O iya pada pemeriksaan tersebut juga dilakukan pemeriksaan glukosa sewaktu jadi sebelum diperiksa urinnya si ibu di sarankan meminum larutan gula dengan jumlah gula sebanyak 50gr. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa ibu dalam kondisi yang sehat, tidak menderita tekanan darah tinggi, ataupun gula darah.

Pada pemeriksaan di bulan ini, dokter kandunganku sharing soal beberapa gejala yang mungkin bakal dialami. Mommies pun akan merasakan salah satu atau beberapa gejala berikut ini,

Secara Fisik

  • Gerakan janin lebih pasti dan jelas
  • Keluarnya cairan berwarna keputihan dari vagina atau yang biasa disebut leukorrhea
  • Sembelit
  • Adanya rasa sakit pada perut bagian bawah (karena tertarik ligamen dalam proses bertambah besar dan berat rahim)
  • Perut panas dan kembung
  • Nafsu makan yang besar
  • Hidung tersumbat kadang-kadang terjadi mimisan
  • Sakit kepala
  • Sering mengalami kejang atau kram pada kaki (tungkai kaki)
  • Sakit punggung
  • Rasa gatal pada perut dan perubahan warna kulit diperut

Secara Emosi

Suasana hati kembali berubah-ubah, melanjutnya sifat pelupa dan mulai sering menjatuhkan barang.

Ini USG baby Zetro pada usia kehamilan 6 bulan🙂

usg11

Panjang janin pada bulan ini kira-kira 33cm dan beratnya kira-kira 900 gr. Kulit janin tipis dan mengkilap belum adanya lapisan lemak. Jari-jari tangan dan kaki sudah mulai terlihat jelas. Kelopak mata mulai terpisah dan mata terbuka. Jika lahir prematur pada bulan keenam ini bayi dapat bertahan hidup tapi dengan perawatan yang intensif.

Pada bulan-bulan ini, mommies juga disarankan untuk melakukan latihan fisik seperti, senam hamil ataupun  yoga kehamilan. Mommies bisa bergabung senam kehamilan bersama mommies yang lain di beberapa RS (beberapa RS menyediakan latihan senam kehamilan atau yoga dengan biaya rata Rp. 30.000- Rp. 40.000 per pertemuan). Tapi kalo mommies males bisa lakukan jalan pagi rutin sekitar 10-5 menit tiap harinya ( atau bisa juga jalan-jalan ke mall seperti yang aku lakukan), lakukan sendiri latihan dasar senam hamil dan usahakan untuk tidak duduk terlalu lama. Apabila duduk terlalu lama darah akan berkumpul pada pembuluh darah balik kaki, sehingga menyebankan kaki membengkak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s