Tanda-tanda Kehamilan

Hamil merupakan suatu hal yang aku tunggu-tunggu. Maklum saja kehamilanku baru ada setelah menikah lebih dari satu setengah tahun. Ketika mengetahui hamil rasanya bahagia sekali. Namun bukan berarti tanpa perjuangan, aku harus menunggu cukup lama dan melakukan banyak hal hingga program kehamilan bisa berhasil.

Pertama kali melakukan program hamil (secara lebih serius) yaitu dimulai di bulan Desember 2011. Di bulan ini sudah mulai   belajar menghitung masa subur dan membaca banyak hal tentang kehamilan. Thank God, sekarang teknologi memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak informasi yang kita butuhkan tentang kehamilan ya🙂

Pada masa-masa itu sempat merasa tanda-tanda kehamilan, namun tidak begitu yakin. Atas rekomendasi dari seorang teman aku mencoba mengunjungi dokter kandungan yang pernah menanganinya bernama dr. Enny S. Pamuji, Sp.OG. Beliau sehari-hari praktek di RS JIH  dan juga membuka praktek di rumahnya di daerah jalan Laksda Adisutjipto Km 9,6 Yogyakarta. Beliau seorang dokter yang ramah, informatif, sabar dan memang kompeten dibidangnya dan aku langsung merasa cocok pada saat itu juga🙂  Setelah diperiksa ternyata kesulitan kehamilanku dikarenakan hormon Estrogen yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan dinding rahim terlalu tebal dan sel telur susah menempel dan sulit melakukan pembuahan. Singkat cerita atas saran dr. Enny waktu itu aku disuruh melakukan program diet dan memperbaiki pola makan selama dua bulan dan akhirnya pada bulan Mei 2012 aku dinyatakan hamil. Perasaan bahagia dan khawatir saat itu muncul secara bersamaan.

Anyway, aku mau share tanda-tanda kehamilan nih. Informasi ini aku dapetin dari hasil konsultasi dengan dokter kandunganku. Siapa tau para new mom wanna-be ada yang merasakan tanda-tandanya. Yang patut diingat setiap wanita mengalami tanda-tanda yang berbeda-beda bahkan mungkin hanya mengalami salah satu jenis tanda-tanda saja.

TANDA-TANDA KEMUNGKINAN HAMIL

tabel

Nah itulah tanda-tanda awal yang mungkin akan dirasakan pada saat kehamilan. Kalo aku sih merasakan mual dan pusing bahkan sempat kehilangan nafsu makan pada saat itu. Badan terasa lemas dan pegal. Maunya cuma pengen makan buah, tidak suka aroma nasi dan sayur apalagi aroma bawang goreng. Memang terasa menyiksa namun rasa bahagia yang muncul mengalahkan semua rasa yang ada🙂

O iya, untuk mengetahui hamil atau tidaknya bisa dilakukan melalui beberapa tes. Paling umum adalah melakukan tes urin sendiri di rumah dengan menggunakan alat tes kehamilan. Selain mudah tes ini juga tidak memakan waktu lama. Namun terkadang tes ini menghasilkan hasil negatif yang semu padahal bisa jadi saat tes berlangsung kita sebenarnya sudah hamil.  Tes yang lebih afdol adalah tes urin di Lab dan tes darah. Hasil yang dikeluarkan lebih akurat tapi dari segi biaya tes darah memang agak sedikit lebih mahal.

Bila mengalami tanda-tanda kehamilan diatas dan tidak mengalami menstruasi tapi hasil tes selalu menunjukan negatif segeralah konsultasi ke dokter  karena dikhawatirkan terjadi kemungkinan kehamilan ektopik atau hamil yang terjadi diluar rahim sehingga bisa ditangani dengan baik sejak dini.  Jangan lupa faktor psikologi juga sangat berpengaruh jadi hindari stress dan hadapi masa percobaan kehamilan anda dengan tenang dan positif.

Well, ladies sekian curhatanku kali ini. See u soon🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s