Gerakan / Posisi Tubuh yang Aman Untuk Bumil

Diusia kehamilan 6-9 bulan moms biasanya akan lebih sering mengalami pegal-pegal dan
kesulitan dalam bergerak. Masalah yang umum terjadi biasanya sakit pinggang. Rasa sakit dan
tidak nyaman tersebut terjadi karena beban berat yang ditanggung moms. Sakit pada sendi
panggul pun akan sering dialami hal tersebut terjadi karena adanya pengenduran untuk
mempersiapkan jalan keluar bayi pada saat kelahiran. Sulitnya bergerak pun terjadi karena
perut yang membesar sehingga menganggu keseimbangan tubuh sehingga moms akan cenderung
menarik punggung ke arah belakang dan melengkungkan leher dan otot-otot punggung pun
tertarik sehingga sakit pinggang pun bertambah parah.

Setiap rasa nyeri yang moms alami ada tujuan positifnya untuk membantu moms lebih kuat dalam menghadapi proses persalinan. Rasa nyeri itupun dapat diatasi
dengan mempelajari posisi atau gerakan tubuh yang baik dan benar. Cara tersebut adalah:
1. Jangan menggunakan sepatu bertumit tinggi (high heels), lebih baik menggunakan sepatu
yang datar dan ringan. Hal tersebut untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh dan megurangi
masalah punggung dan kaki pada saat kehamilan.

2. Apabila moms ingin mengambil barang yang terjatuh, jangan langsung membungkuk dan
mengangkatnya sembarangan. Pertama-tama seimbangkan dulu tubuh dengan meregangkan kaki lalu
perlahan menurunkan badan dengan menekuk lutut (bukan membungkuk pada pinggang) dan
mengangkat barang dengan kekuatan kaki dan tangan bukan punggung. Hindari mengangkat barang
berat.

jongkok

3. Jangan terlalu lama berdiri. apabila memang mengharuskan untuk berdiri lama gunakan
tumpuan kecil untuk menekuk salah satu kaki seperti digambar. Hal tersebut dilakukan untuk
menghindari tarikan pada punggung bagian bawah. Apabila moms berdiri pada permukaan lantai
yang keras pada saat memasak atau mencuci piring, letakanlah keset atau handuk kecil yang
tidak licin sebagai alas kaki.

kupas

4. Tidurlah diatas kasur yang agak sedikit keras, jangan yang terlalu lunak karena posisi
perut moms akan semakin menekan kedalam dan menimbulkan rsa nyeri pada pinggang. POsisi
tidur harus miring, lebih baik miring ke kiri. Posisi tidur yang nyaman selain dapat
mengurangi nyeri punggung dan pinggang juga dapat membantu moms istirahat lebih banyak.

sleep

5. Posisi duduk yang nyaman dan benar adalah seperti digambar. Letakan tumpuan pada kaki
agar posis lutut tidak dibawah, tambahkan bantal kecil untuk menyangga pinggang. Jangan
duduk terlalu lama karena dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki.

duduk1

6. Jangan mengambil barang yang letaknya lebih tinggi dari kepala karena pada saat
meregangkan tangan ke atas otot-otot punggung akan tertarik dan pinggan semakin berat
menangung beban perut. lebih baik gunakan tumpuan kursi yang stabil atau lebih baik minta
bantuan orang lain melakukannya.

7. Lakukan gerakan-gerakan sederhana untuk menguatkan otot perut, seperti latihan
mengangkat panggul (latihan untuk bumi bisa diklik disini) atau mengikuti senam hamil.

8. Untuk meredakan nyeri punggung datau pinggang , berendamlah dengan air hangat (jangan
terlalu panas) atau letakan handuk hangat sebagai kompres di area yang nyeri.

yang terpenting dari berbagai cara diatas adalah menghindari stres. Cobalah untuk relaks
karena stres dapat memperparah nyeri punggung. Well, semoga bermanfaat ya moms :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s